Jumat, 20 April 2012

Tekhnik Perekatan Bahan Flannel


Selain dijahit, teknik penyatuan flannel dapat dilakukan dengan pengeleman. Teknik pengeleman ini disebut dengan istilah “perekatan”. Terdapat beberapa teknik dalam pembuatan aksesori, yaitu :

1.      Teknik Tumpuk
Dengan menumpukkan dua atau lebih kain flannel, yang bertujuan untuk memberikan efek tebal. Caranya : (1) Bubuhi salah satu bagian kain dengan lem (2) Rapatkan lembaran kain flannel lain di atasnya (3) Tekan perlahan keduany, jangan terlalu keras karena akan menghilangkan efek ketebalan.

2.      Teknik Sambung
Bertujuan untuk menyambungkan bagian-bagian kain yang berbeda warna. Misalnya untuk membuat pelangi. Caranya : (1) Oleskan lem pada salah satu ujung samping kain (2) Rekatkan ujung samping lainnya dan tekan agak kuat

3.      Teknik Press
Bertujuan untuk menyatukan dua lembar kain flannel sebagai efek ujung yang biasa disatukan dengan jahitan. Misalnya untuk membuat kepala atau badan boneka. Caranya : (1) Satukan 2 lembar kain, beri lem di salah satu bagian sisinya (2) Tekan pada bagian yang diolesi lem (3) Setelah melekat, rapikan dengan gunting.


Selamat mencoba dan kreasikan kain flannelmu sesuka hati.



Sumber :
-Buku Pintar Berkreasi dengan Kain Flanel (Lina Purnawanti)
-Buku Replika Kue Flanel (Linawati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar